Monday 29 August 2016

Cara Meruncingkan Pensil dan Menggunakannya


Cara Meruncingkan Pensil Dan Menggunakannya


Apa bila kita hendak menggambar atau membuat sesuatu , maka saat itulah pensil bayank digunakan.
dan apabila Pensil kita tumpul maka kualitas dalam menggambar menjadi berkurang dan kecantikanya saat di pakai juga ikut berkurang . maka dari itu kita juga harus tau bagaimana merungcingkan pensil yang benar dan menggunakan pensil yang benar pula. Oke langsung saja ke TKP



1.Cara Meruncingkan Pensil 




Salah satu faktor garis gambar itu bergantung pada cara meruncingkan pensilnya . apakah dia terlaluruncign sehingga garis yang dihasilkan tajam dan kecil atau malah sebaliknya . nah maka dari itu mruncingkan pensil harus bagus. Untuk peruncingkan pensil jenis biasa gunakan ampelas halus atau bisa mengugnakan peraut dengan cara pensil di pegang dengan jari telunjuk dan ibu jari kemudian saat mengasah pensil diputar.



2.Cara Menggunakan Pensil





oke mungkin penjelasan yang nomor dua ini ga perlu sebenarnya di jelaskan . cuman untuk menghasilkan sesuatu yang bagus di perlukan kemampuan khusus dan skill yang bagus pula . contohnya saja pada hal kecil seperti menggunakan pensil ini . pada pelajaran gambar teknik ketebalan garis dan simbol - simbol gari itu sangat diperhatikan .Maka dari itu sangat lah bahaya bisa kita hanya asal - asalan saja dalam melukis garis itu . 

Penggunakan pensil gambar disesuaikan dengan jenis tebal dan bentuk garis. untuk garis - garis tipis digunakan pensil yang keras (h) , Sedangkan untuk garis - garis yangn tebal dipakai pensil yang kekerasannya sedang saja (HB atau yang B). untuk mendapatkan garis yang baik dan rata (tajam) pada waktu membuat garis maka cara menggunakan pensilnya yaitu pensil harus ditarik dengan diputar dan ditekan dengan tekanan sesuai ketebalannya garis yang diinginkan, letak pensil pada garis yang dibuat itu kemiringannya ada 60 derajat. 

tapi lain halnya pada pensil mekanik , pensil mekanik memiliki ukuran tertentu sesuai dengan ketebalan yang diinginkan. Tidak perlu diruncingkan dan dapat diisi kembali jika sudah habis. Dalam penggunaan pensil mekanik ini kebih praktis dari pada pensil manual atau pensil biasa . jadi bayank di gunakan di berbagai tempat atau perusahaan - perusahaan besar .dan ini Contohnya




Sekian.

No comments:

Post a Comment